2 TAK  

Bagian-Bagian Motor 2 Tak

Bagian-Bagian Motor 2 Tak
Bagian-Bagian Motor 2 Tak

Hello, Sobat ducati-indonesia.co.id! Kali ini kita akan membahas tentang bagian-bagian motor 2 tak. Motor 2 tak merupakan jenis mesin motor yang memiliki keunggulan ringan dan mudah untuk digunakan. Namun, untuk mengenalinya lebih dalam, mari kita bahas bagian-bagian utamanya.

1. Piston

Piston adalah bagian yang paling penting dalam mesin motor 2 tak. Piston berfungsi untuk menyerap tenaga dari hasil pembakaran bahan bakar dan mendorong roda belakang. Piston juga akan bergerak naik turun dalam silinder motor.

2. Silinder

Silinder adalah rongga tempat piston bekerja. Silinder terbuat dari bahan baja yang kuat dan dilengkapi dengan lapisan keramik untuk mengurangi gesekan dengan piston.

3. Crankshaft

Crankshaft adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah gerakan naik turun dari piston menjadi gerakan putar roda belakang. Crankshaft terdiri dari beberapa bagian, yaitu main bearing, connecting rod, dan crank pin.

4. Karburator

Karburator adalah bagian yang berfungsi untuk mencampur bahan bakar dengan udara sebelum masuk ke ruang bakar. Karburator memiliki beberapa bagian, seperti throttle valve, main jet, dan pilot jet.

5. Sistem Pembakaran

Sistem pembakaran adalah bagian yang berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Sistem pembakaran terdiri dari beberapa bagian, seperti busi, koil, dan CDI.

6. Transmisi

Transmisi adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah torsi mesin menjadi torsi pada roda belakang. Transmisi pada motor 2 tak biasanya terdiri dari satu gigi dan satu kopling.

7. Kopling

Kopling berfungsi untuk menghubungkan atau memutuskan putaran mesin dengan roda belakang. Kopling biasanya terletak di antara mesin dan transmisi.

8. Rantai

Rantai adalah bagian yang berfungsi untuk menghubungkan roda belakang dengan gigi transmisi. Rantai pada motor 2 tak biasanya terbuat dari baja yang kuat dan dilapisi dengan pelumas khusus.

9. Suspensi

Suspensi adalah bagian yang berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan dan mempertahankan stabilitas motor. Suspensi terdiri dari beberapa bagian, seperti peredam kejut, per daun, dan peredam udara.

10. Rem

Rem adalah bagian yang sangat penting untuk keselamatan berkendara. Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan motor dan menghentikan roda belakang. Rem pada motor 2 tak biasanya terdiri dari rem tromol atau rem cakram.

11. Tangki Bahan Bakar

Tangki bahan bakar berfungsi untuk menyimpan bahan bakar yang akan digunakan oleh motor. Tangki bahan bakar pada motor 2 tak biasanya terbuat dari bahan plastik atau logam.

12. Sistem Pendingin

Sistem pendingin berfungsi untuk menjaga suhu mesin tetap stabil dan mencegah mesin dari kerusakan akibat panas berlebih. Sistem pendingin pada motor 2 tak biasanya menggunakan pendingin udara.

13. Busi

Busi adalah bagian yang berfungsi untuk membakar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar. Busi pada motor 2 tak biasanya terdiri dari elektroda pusat dan elektroda samping.

14. Koil

Koil adalah bagian yang berfungsi untuk mengubah arus listrik dari baterai menjadi arus listrik tinggi yang dibutuhkan oleh busi. Koil pada motor 2 tak biasanya terdiri dari beberapa bagian, seperti coil primary dan coil secondary.

15. CDI

CDI (Capacitor Discharge Ignition) adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur waktu pembakaran dan memicu arus listrik pada koil. CDI pada motor 2 tak biasanya terletak di dekat mesin.

16. Throttle Valve

Throttle valve adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur jumlah campuran bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam ruang bakar. Throttle valve pada motor 2 tak biasanya terletak di dekat karburator.

17. Main Jet

Main jet adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam karburator. Main jet pada motor 2 tak biasanya terletak di dalam karburator.

18. Pilot Jet

Pilot jet adalah bagian yang berfungsi untuk mengatur jumlah bahan bakar yang masuk ke dalam karburator pada putaran mesin rendah. Pilot jet pada motor 2 tak biasanya terletak di dalam karburator.

19. Peredam Kejut

Peredam kejut adalah bagian yang berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan dan menjaga stabilitas motor. Peredam kejut pada motor 2 tak biasanya terletak di bawah rangka belakang.

20. Per Daun

Per daun adalah bagian yang berfungsi untuk menyerap getaran dari jalan dan menjaga stabilitas motor. Per daun pada motor 2 tak biasanya terletak di bawah rangka depan.

Kesimpulan

Sekian pembahasan mengenai bagian-bagian motor 2 tak. Setiap bagian memiliki fungsi dan peran yang sangat penting untuk menjaga performa motor tetap optimal. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu merawat dan memperbaiki motor secara rutin agar dapat digunakan dengan aman dan nyaman dalam berkendara.

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Exit mobile version