2 TAK  

Drag Motor Satria 2 Tak

Drag Motor Satria 2 Tak
Drag Motor Satria 2 Tak

Sobat ducati-indonesia.co.id, hello! Kali ini kita akan membahas tentang drag motor satria 2 tak. Motor ini menjadi salah satu motor yang banyak digemari oleh para pecinta otomotif.

Sejarah Satria 2 Tak di Dunia Drag

Satria 2 tak memang sudah lama menjadi primadona bagi para penggemar motor drag. Hal ini dimulai sejak masuknya motor ini ke pasar otomotif pada tahun 1997. Motor ini dikenal memiliki tenaga yang cukup besar dan ringan sehingga cocok untuk digunakan di ajang drag race.

Spesifikasi Motor Satria 2 Tak

Motor Satria 2 tak memiliki spesifikasi mesin yang cukup mumpuni untuk digunakan di ajang drag. Mesin yang digunakan adalah mesin 2 tak berkapasitas 118 cc dengan sistem pendingin udara. Tenaga yang dihasilkan mencapai 14,3 dk pada 10.000 rpm dan torsi 10,4 Nm pada 9.500 rpm.

Modifikasi Motor Satria 2 Tak untuk Drag

Untuk dapat bersaing di ajang drag, motor Satria 2 tak harus dimodifikasi. Beberapa bagian yang sering dimodifikasi adalah mesin, knalpot, dan suspensi. Mesin motor bisa dimodifikasi dengan menambahkan piston, crankshaft, dan karburator yang lebih besar. Knalpot bisa diganti dengan knalpot racing agar suara motor menjadi lebih bising dan memberikan performa lebih baik. Sedangkan suspensi bisa diganti dengan suspensi yang lebih keras agar motor lebih stabil saat melaju di lintasan drag.

Keuntungan Menggunakan Motor Satria 2 Tak di Drag Race

Salah satu keuntungan menggunakan motor Satria 2 tak di ajang drag adalah bobotnya yang ringan. Hal ini membuat motor lebih mudah untuk melaju di lintasan drag. Selain itu, mesin yang digunakan juga cukup bertenaga sehingga mampu memberikan akselerasi yang cepat.

Teknik Mengemudi Motor Satria 2 Tak di Drag Race

Teknik mengemudi motor Satria 2 tak di ajang drag sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik mengemudi motor sport pada umumnya. Namun, ada beberapa teknik yang harus diperhatikan seperti posisi tubuh dan penggunaan kopling. Posisi tubuh harus selalu dijaga agar tetap stabil saat melaju di lintasan drag. Sedangkan penggunaan kopling harus dilakukan dengan tepat agar tidak terjadi slip saat motor melaju.

Perlengkapan yang Harus Dipersiapkan untuk Drag Race

Untuk dapat berpartisipasi di ajang drag, ada beberapa perlengkapan yang harus dipersiapkan seperti helm, jaket, sarung tangan, sepatu, dan perlengkapan lain yang wajib digunakan saat balapan. Selain itu, motor juga harus disiapkan dengan baik agar dapat tampil maksimal di ajang drag.

Keamanan dalam Balapan Drag

Balapan drag memang seru, namun tetap harus memperhatikan faktor keamanan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan seperti kondisi lintasan, kecepatan, dan penggunaan perlengkapan keselamatan. Selalu pastikan bahwa lintasan dalam kondisi baik sebelum memulai balapan dan jangan lupa menggunakan perlengkapan keselamatan dengan baik.

Ajang-ajang Drag Race yang Terkenal di Indonesia

Di Indonesia, ada beberapa ajang drag race yang cukup terkenal seperti Kejurnas Drag Bike dan Kejurnas Drag Car. Kejurnas Drag Bike adalah ajang balap motor drag terbesar di Indonesia yang diadakan setiap tahunnya. Sedangkan Kejurnas Drag Car adalah ajang balap mobil drag yang juga cukup populer di Indonesia.

Para Pemenang Drag Race dengan Motor Satria 2 Tak

Motor Satria 2 tak memang menjadi salah satu motor yang sering digunakan para peserta drag race. Ada beberapa nama peserta drag race yang berhasil meraih kemenangan dengan menggunakan motor Satria 2 tak seperti Eko Chodox, Irfan Hendrian, dan Dani Pedrosa.

Perbedaan Motor Satria 2 Tak dengan Motor Satria 4 Tak

Perbedaan utama antara motor Satria 2 tak dan Satria 4 tak terletak pada sistem pembakaran mesin. Satria 2 tak menggunakan sistem pembakaran dua langkah, sedangkan Satria 4 tak menggunakan sistem pembakaran empat langkah. Selain itu, tenaga yang dihasilkan oleh mesin Satria 4 tak lebih besar dibandingkan dengan Satria 2 tak.

Cara Meningkatkan Performa Motor Satria 2 Tak

Untuk meningkatkan performa motor Satria 2 tak, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti mengganti knalpot, mengganti karburator, dan memodifikasi mesin. Mengganti knalpot dengan knalpot racing bisa memberikan performa yang lebih baik dan suara yang lebih bising. Sedangkan mengganti karburator dengan karburator yang lebih besar juga bisa meningkatkan performa motor. Terakhir, memodifikasi mesin dengan mengganti bagian-bagian tertentu juga bisa meningkatkan performa motor.

Kelemahan Motor Satria 2 Tak

Meskipun memiliki banyak kelebihan, motor Satria 2 tak juga memiliki beberapa kelemahan. Salah satu kelemahan utama adalah konsumsi bahan bakar yang cukup boros. Selain itu, mesin Satria 2 tak juga cenderung lebih cepat rusak dibandingkan dengan mesin Satria 4 tak.

Biaya Modifikasi Motor Satria 2 Tak untuk Drag

Biaya modifikasi motor Satria 2 tak untuk drag tentu saja cukup besar. Biaya modifikasi tergantung dari bagian mana yang akan dimodifikasi dan seberapa ekstrim modifikasi yang akan dilakukan. Namun, biaya modifikasi motor Satria 2 tak untuk drag bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Merawat Motor Satria 2 Tak

Untuk menjaga agar motor Satria 2 tak tetap awet, perlu dilakukan perawatan secara rutin. Beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah mengganti oli secara rutin, membersihkan filter udara, dan menjaga kondisi mesin agar tetap stabil.

Kesimpulan

Motor Satria 2 tak memang menjadi salah satu motor yang banyak digemari di ajang drag race. Meskipun memiliki beberapa kelemahan, motor ini tetap menjadi pilihan utama bagi para peserta drag race. Dengan melakukan modifikasi yang tepat dan perawatan yang baik, motor Satria 2 tak bisa tampil maksimal di ajang drag race.

Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Exit mobile version